Total Pageviews

Monday, August 13, 2012

Money ohhh Money

Ga lama setelah aku posting ttg rencana pengaturan keuangan keluarga kecilku, tiba2 aku dikasih hadiah terindah oleh Allah..Aku hamil. Dan ga lama setelah aku tau hamil, aku dapat rezeki lain berupa istana mungil. Alhamdulillah. Otomatis semua rencana pengaturan keuangan yang udah aku susun ulang itu langsung bubar jalan.

Kalau dulu aku bisa save sampai lebih dari 60% penghasilan gabungan kami, tapi begitu hamil...ternyataaaa buat save 10% nya aja susahhhh banget, terlebih kita juga udah ada cicilan hutang kan (hutangnya dulu yang muncul sebelum si rumah dapet). Di awal kehamilan aku betul2 ngalamin banget itu yang namanya All day Long Sickness, ga cuma morning sickness...terus maunya makan2 yang mahal2 (padahal mah dimuntahin2 juga :P). Kalau dulu sebelum hamil, aku bisa tuh 20ribu buat seharian, kemarinan mah 100rb sehari cukup  aja udah bagus...ampunnn dehhh, untung cuma berjalan sebulan tuh ngidam mahalnya. Bukannya ga bersyukur ya dikasih hamil, wihh kl itu mah senengnya luar biasa. Tapi ya emang kenyataannya gitu, bener banget kata Mommy keenan dulu, dia bilang pas hamil langsung kadar boros meningkat jadi 180 derajat, bener banget tuhhh.

Terus, setelah mual n muntah n ngidam yang bikin bangkrut itu selesai, dilanjut dengan transaksi si rumah semut yang berakibat, jebolnya semua isi tabungan...Seneng sih dapet rumah, tapiii sedih juga liat saldo di tabungan mendekati zero.

Belum lagi tabungan terisi, bulan berikutnya kehamilanku memasuki usia 4 bulan, yang mana biasanya di umur kehamilan 4 bulan diadain pengajian (ada yang 4 bulan tapi ada juga yang pengajiannya waktu 7 bulanan, kalo aku ikutin mamaku aja yang bilang pengajiannya di bulan ke 4). Walau bukan acara yang mewah, tapi pengajian 4 bulanan cukup membutuhkan dana yang lumayan besar. Jadilah si finplan masih blm bisa di jalankan, dan tabungan tetep zeroo.

Terusss, bulan berikutnya lagi nihhhh (bulan ini)....berhubung kita niat mau pindahan, n demi menunjang kenyamanan hidup di rumah kalibata..jadilah terpaksa dibeli beberapa elektronik.. Kl ini mah lebih ke keinginan aja.. dannnnn si tabungan tetep NOLLLL

Dan yang lebih parah lagiiiii, kantor suami berenti kerjasama sama Herminaaaaaa.....huaaaa, ini yang bikin mau nangisss, secara dari awal hamil aku pilih kontrol n berencana melahirkan di RSIA itu karena itu RS kerjasama sama kantor suami, jadi diriku cuma bayar 25% nya aja dari total biaya (baik kontrol maupun melahirkan)..Ehhh ndalalahnya emang ga rejeki kali ya.  Tetep bisa di reimburse sih walau udah ga kerja sama,  tapi kan jadinya harus bayar sendiri duluu, berarti aku harus siap dana buat melahirkan 100% full sebelum nanti akhirnya di reimburse. Yang mana biaya lahiran itu kan ga murah ya saudara2, hiks... mau pindah RS juga udah males, tinggal 4 bulan lagiii menjelang persalinan, dimana kondisi kantong masih ada tetep kosong melompong, diriku n suami mau ga mau, siap ga siap..harusss mirit2 lagiiiiii inihhhhh... Oiya aku juga preparenya biaya untuk sesar, kl berharap n berusaha sih pinginnya normal, tapi kan jaga2 buat yang terburuk aja.. Hosh2...4 bulan lagi, moga2 kekejar Ya Allah..

Oiya, selain biaya lahiran.. biaya kebutuhan baby jugaa musti disiapin (baju2 n kebutuhan dasar baby), dan setelah lahiran juga ada Aqiqah..hahaha, sedap banget deh kl di pikirin..

Untungnya waktu Jakarta Great Sale kemarin aku sempet khilaf, belanja belinji ga jelas..yang berakibat uang Bonus ku langsung lenyappp tak tersisa..Alhamdulillahhhh, sebelum berpusing2 diriku sempet ngerasain seneng2 dulu..Lhooo kok kebobolan malah seneng :P

Sekarang teman setiaku itu note kecil berisi catatan keuangan, mulai dari kebutuhan2 bulanan, kebutuhan rumah, kebutuhan lebaran sampai kebutuhan melahirkan dan biaya baby. Begitu tabungan ludes beberapa bulan lalu, aku jadi rajin (jauh lebih rajin n lebih detil dibanding dulu) catat semua kebutuhan2 n biayanya sebelum gajian tiba, jadi begitu gajian turun..apa2 yang udah dibayar langsung di coret..aku n suami paling seneng deh bagian coret2 biaya2 yang udah selesai (sdh dibayar), rasanya legaaa banget kl ada yang dicoret. 

Berhubung si uang gaji udah habis tak tersisa, Bonus pun begitu, sekarang tinggal si THR (THRnya Aku, kl THR nya suami mah tetep buat keperluan lebaran) satu2 nya harapan buat mulai mengisi tabungan. Hiks, ga jadi lagi deh tahun ini aku salam2an pake baju kaftan :( , idul adha pun kayanya ga bisa ikutan kurban, dan si LM 10 gr pun ga bakal bisa kebeli...Sekarang fokus utamanya cuma ngumpulin uang buat biaya lahiran, belanja kebutuhan dasar baby dan biaya Aqiqa.. Tinggal 4 bulan lagiiiii, Semoga berhasilllll.....doakan kamiiiiiiiii...

 

No comments:

Post a Comment