Total Pageviews

Wednesday, April 4, 2012

Financial Planning kel Muhammar

Setelah postingan gw yg panjang gilaa kemarin lusa ituuu, ternyataa banyak juga yg jadi kepat kepit alias deg2an dan ada juga yg penapsaran n pingin tau gmn sih cara pengaturan keuangan keluarga yg bijak.. dan jawabannya adalahhhh....Gw juga ga tau saudara-saudaraaaaaaaa...hahahaha, pernah kan gw posting disini yg mengungkapkan (lebay) kl gw gagal total jadi Mentri Keuangan Keluarga dikarenakan kekhilafan dan kebodohan gw, tapi ya sudahlah yang lalu biarlah berlalu..toh duit yg udah gw pake ga jelas itu ga bakal balik juga.

Semenjak ikut Financial Planning Expo kemarin, baru deh tuh hasrat mau jadi ibu Mentri kembali bergejolak..Setelah ngobrol panjang lebar sama bapak suami, jelasin macem2 jenis investasi, termasuk keuntungan dan kekurangan masing2 investasi, buat tujuan financial baru berdua (kl dulu kan tujuannya cuma "pokoknya dalam setahun kudu, musti n punya duit buat DP rumah), maka ditetapkan keuangan sekarang di kendalikan oleh kedua belah pihak..hahaha kesyan deh gw tetep ga boleh pegang kendali penuh atas keuangan..hihihi

Hasil ngobrol2 sama Bapak Suami, disepakati deh tuh sistem pengaturan keuangan baru, berikut tujuan2 financial dan juga wadah buat mencapainya, gw jabarin satu2 aja..

Untuk rekening, rencananya kami akan pakai 4 rekening

1. BC* Suami
    Gaji suami ditransfer keakun ini, terus bulan depan rencananya uangnya dipakai buat cicilan hutang dan uang bulanan buat ortu gw n suami. (Yes, cicilan udah mulai jalan bulan depan, cuz udah di approve sama bank padahal rumahnya blm dapet, dodol yak ). Udah deh tuh abis gaji si suami, soale cicilannya juga lumenjen cuz kita pilih yg jangka waktunya 5 thn, biar cepet lunas.  

2. HS*C Istri Cantik
    Nah kl kantor gw gajiannya lewat bank asing yang pelayanannya rada2 nyebelin gilaaaaa ini. Uang gaji gw bulan2 sebelumnya gw tarik semua, abis itu gw setor ke BC* nya suami.
Tapi bulan depan rencananya, uang gaji gw mau dipake buat keperluan2 sbb :
 - Dana Darurat , yang mau dimasukin ke Tabunganku (baru mau buka kl udah gajian bulan ini).
 - Dana Pensiun , kita ikutan RD Campuran di Manuhidup yg sebulannya cuma 200rb (auto debet lewat BC* gw, nanti gw bahas lebih lanjut fungsi akun BC* gw) dan RD sahamnya Dana Reksa yg cuma 100 rb sahaja..hohoho ini gw autodebet dari si HS*C. kenapa ada 2 aku, ya abisan kadung daftar dua2nya..hihihi, ga papa lah, nti kl udah ada baby, salah satunya bisa beralih fungsi jadi dana pendidikan anak.
- Zakat Maal , 2,5% dari total income
- Monthly Expenses , ini termasuk grocery shopping , makan malem, uang saku gw n suami, parkir motor suami, bensin suami, pulsa gw n suami, transport gw, listrik dll. Mau ikutin sistemnya ibu guru cantik, tarik semua masukin ke amplop..dibagi buat kebutuhan perminggu
- Dana Jalan2 , Yup gw pingin tiap tahun bisa jalan2, paling engga ke Bali or Jogja juga ga papa.Tapi ini baru pinginnya lhoooooo, kenyataannya ga tau gmn.
- Belanja2 n senang2 , hahaha...konyol yak :P .. Tapi udah gw itung2 sih, palingan sisanya ga lebih dari 600ribu perak..tapi lumayan lahhh, secara seneng2 gw pan cuma sebatas makan di resto sekelas solaria maksimal 2 kali sebulan, nonton bioskop 2 kali sebulan itu pun pas pulang kerja biar HTM nya murah, sama beli sepotong dua potong baju di ITC yg murah2, buat gw itu juga udah seneng2 n hura2 banget lahh...see?? cupu banget kan gw...maklum lah bukan AGJ (Anak Gaul Jakarta).

3. BC* Istri Cantik
    Akun ini di pakai buat menampung pendapatan2 yg ga tetap, atau kerennya Yearly income. Yearly Income ini di pakai buat membiayai yearly expenses. Buat gw n suami yearly income ini sumbernya dari lemburan suami, bonus2 n THR. Dan Yearly expenses kita :
    1. Pajak motor suami,
    2. Biaya mudik+THR ortu+THR saudara2,
    3. Kambing untuk kurban pas Idul Adha,
    4. Beli Emas buat investasi dana naik haji (targetnya 10 gr setiap thn),
    5. Bayar zakat fitri n kekurangan zakat maal,
    6. Belanja tahunan (kl pas Jakarta Great Sale n End Year Sale), hahaha.. budget yg di setujui suami ya lumayan lah cukup untuk beli tas di charles n keith (buat gw, bisa pake merk ini udah jempolan banget lah..gaya euyy) n 2 pasang sepatu pleeuuss sepotong dua potong  baju yg belinya bukan di ITC :P . Oiya ini juga termasuk buat belanja baju koko suami pas lebaran n baju kaftan buat si istri salam2an pas lebaran (masih jaman ga yak tuh model??)
   7. Kl masih ada sisa (kl menurut hitungan sih ada) mau dimasukin ke dana darurat sahajaa.
  Oiya satu lagi, tiap bulan juga gw setor 200rb buat autodebetnya RD Manu Hidup gw.

4. BC* Tabunganku
    Ini buat nampung dana darurat. Tapi kl nanti udah terkumpul lumayan banyak (nanti lhooo ya) rencana mau di split ke deposito atau RD pasar uang atau LM. Yang jelas kudu di tempat yg tingkat likuiditasnya tinggi lah, biar gampang kl ternyata ada keadaan yang darurat. Kenapa pilih buka akun di tabunganku, soalnya ga ada biaya adm nya.

Nah yang masih di di pikirin, dana buat jalan2 yang sumbernya dari Hs*c nya gw sama dana belanja tahunan itu mau di masukin ke mana yak, kl di tinggalin di Hs*c gw dicampur jadi satu..yang ada kita ga akan pernah jalan2 cuz duitnya udah pasti abis gw pake buat yg ga jelas..Kl mau di buatin akun lagi...waduhh takut repott kebanyakan akun (isinya mah seuprit2 atau malah banyakan yg saldonya 0)..nanti lah ini di bahas lagi, toh bukan buat tujuan yang penting.

Kl udah ada baby juga nanti bakalan di revisi lagi, dimulai dari begitu tau hamil (semoga secepatnya), pasti monthly expenses gw bakalan nambah tuh selama 9 bulan, cuz yg biasa cuma makan siang pake bakso + esteh manis (edisi irit) kl udah hamil kan musti yg lebih bergizi dan juga frekuensi makan juga bertambah, blm lagi baju2nya musti ganti semua, ikut2an kelas hamil juga pan perlu biaya, kontrol bulanan sayangnya cuma ditanggung 75% begitu juga melahirkan, ditambah gw nanti rencananya mau berfoto2 narsis mengabadikan kehamilan..ehh kok malah bahas biaya kehamilan sih :D

Untuk tahun depan, gw mau mulai invest buat beberapa tujuan financial yg lain (dana pendidikan udah jelas bakal gw mulai begitu si baby lahir), salah satunya mau bikin RD saham buat biaya kuliah adik sepupu gw, sama satu lagi RD entah apa buat biaya kesehatan ortu gw (3 thn lagi bokap pensiun, dan dese bukan PNS jadi begitu pensiun ya lepas deh tuh tunjangan kesehatan yg sekarang didapet), kl buat yg ini gw pinginnya join sama ade gw biar ga begitu berat..Tapi moga2 sih ortu gw selalu sehat di masa tuanya mereka, cuma sekedat jaga2 aja, soalnya kl mau ikut asuransi kesehatan kayanya jarang ada asuransi yg nerima kl udah diatas 55 thn sekalinya ada pasti preminya mahal gila.

Ok, semua hal yang gw tulis di atas baru sekedar planning, dan baru mau mulai gw implementasiin bulan depan, kecuali RD saham yang udah mulai transaksi dari tadi pagi, semoga returnnya sesuai dengan yang diharapkan. Oiya gw tulis postingan ini ga ada maksud sama sekali buat pamer, ga adaaa..lagian apa juga yg mau gw pamerin, wong semua post yg gw tulis diatas juga blm ada yang jalan sma sekali (blm ada duit realnya) ini pure buat sharing aja, well semoga apa yang gw tulis bisa berguna buat yang baca. Next kl ada lagi info2 yang berkaitan sama pengaturan keuangan keluarga pasti bakal gw posting lagi. So stay tune yah :D

8 comments:

  1. laaaap iler.. bingung mau ngapain.. hadeeeh, mentri keuangan macam apa gue.. *puteeeeeer otak, kencangkan ikat pinggang, berguru oleh para suhuuu

    ReplyDelete
  2. another nice post ir...

    gue jg bakal mulai praktekin itu sistem amplop mulai bulan depan. hmm,,makin bnyk baca soal RD gue makin penasaran en makin bnyk pertanyaan di kepala gue, jd jgn bosen2 gue tny trs yah, hahaha..

    DPLK gue jg mo gue pindah ah. klo di pasar uang trs, kpn berkembangnya???? pdhl total premi perbulan mnrt gue lmyn, 400ribuan hiks...

    yok yok, bljr bareng biar bisa ngatur keuangan yg sehat ^^

    ReplyDelete
  3. akuu masih belum mengerti ttg RD.. jelasin yg lengkap dunk ir.. klo pke bahasa lw gw mulai makfum.. nanti pas baby gw lahir.. mulai niy diatur2 keuangan nya biar jelas.. heheheh

    ReplyDelete
  4. baca postingan iir bikin bengong, gak ngerti apa2 *hadeehh*
    gw selama ini yang ngatur keuangan si suami, gw cukup menerima jatah bulanan aja, tapi pas baca postingan yang ini, jadi mulai mikir nih harus bisa ngatur uang keluarga.
    rajin2 posting ya ir, biar gw bisa ikutan belajar :D

    ReplyDelete
  5. pertanyaan gw..emang bisa yak ambil cicilan dulu padahal rumahnya belom ada? klo bisa..gw mau ikutaaaaaaan..:D

    eiya ir..di BC* juga bisa bikin join account loh..gw rencana bikin ntar after baby lahir, pake sistem yg "dan" jadi klo mau narik harus ada ttd suami dan istri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ola, bisa gw pinjemnya itu pake fasilitas PNS nya mertua :D , gadai SK nya mertua ke Bank DKI..nah duit udah keluar, rumah blm dapet2..

      Iya ngerti joint account gitu..tapiii gw ga pake gitu2 ahh, rempong, biar aja account nya di pisah2 tapi sebagian tetep di pegang laki gw, biar aman

      Delete
  6. Ikut nimbrung doong...
    Kalau boleh share, mending buka tabungan di bank yang syariah aja.. Selain karena faktor 'syariah'nya yang bikin tenang hati (sebagai umat muslim yah) juga karena biaya adminnya yang ternyata separo dari yang versi konvensional (ini baru penelitian dari bank BN* ya... konvensional adminnya 2x lipet yang syariah).

    Truss nanya aja nih,,,,bukan maksud riba karena bunga tabungan yaaa, tapi bukannya BC* itu bunganya rendah banget ya? Kalau emang untuk tabungan, coba bandingin sama BN* deh (ini saran aja yaaa).

    Hehehe, daku ga kerja di BN* kok, jadi bukan mau promosi, tapi ini hasil dari penyelidikan kecil2an aja.. (kalo tau syariah lebih oke dari konvensional kan buka rekening syariah aja dari dulu..)

    sekian, mohon maaf kalau kurang berkenannnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aliieen, kita pernah punya BNI..jamannya masih nabung bareng buat persiapan nikah, tapi sekarang udah ga lanjut..

      Kl BC* sih karena emang account nya udah ada, n suami juga kan gajian pake itu..kl yg BC* kan emang ga berharap cari bunga, cuma salah satu account buat menampung dana2 buat tujuan tertentu :D

      Thanks for sharing yah

      Delete