Total Pageviews

Wednesday, July 27, 2011

Menteri Keuangan Kel. Muhammar

Setelah jadi istri otomatis aku punya jabatan baru dong, Menteri Keuangan keluarga Hohoho, saya paling sukaaa segala sesuatu yang berhubungan dengan pengaturan ataupun perencanaan keuangan.

Berhubung hari ini bapak suami sudah gajian (kl aku masih beberapa hari lg T.T), jadi aku mulai sibuk buat2 budgeting. Well sebenernya udah dari kemarin2 sih aku udah sibuk sendiri corat coret ttg pos2 apa aja yang mungkin ada. Hari ini tinggal eksekusinya deh.

Untuk membuat budget pengeluraan kebutuhan rumah tangga, jauh2 hari sebelum aku nikah, aku udah rajinnn banget baca blog/twitternya para financial planner, yang paling jadi favorit aku ya jelas web nya QMFinancialnya mba Ligwina Hananto. Selain itu aku juga ngefans banget sama Mas Safir Senduk dan Pak Ahmad Gozali. Berguna banget deh, buat nambah2 pengetahuan apalagi untuk ibu muda macam aku, supaya bijak dalam mengatur keuangan keluarga.

Setelah hampir hatam teori2 tentang financial planning, maka aku mulai susun budgeting, lengkap dengan tujuan financial yang sekiranya mau kami capai dan juga cara pencapaiannya (Menabung/Investasi/Asuransi) dan dibicarakan juga sama suami pastinya. Berikut kira2 garis besar pos pos pengeluaran yang sudah aku buat :

1. Bantuan/Sumbangan Orang Tua = Aku bingung sebutnya apa, sebetulnya orang tuaku dan orangtua amar ga perlu dibantu, bukan karena orang tua kami kaya raya..no bukan. tapi karena orang tua kami masih sama2 kerja, pos ini hanya sebagai belas jasa kami sebagai anak (walaupun sampai kapan jasa orang tua ga akan pernah bisa di balas yah) dan kewajiban sebagai anak. Jumlahnya sesuai dengan yang telah disepakati bersama.
Sumber dana : penghasilan suami

2. Sedekah = ini kan udah diatur ya di Agama yang aku anut kalau 2,5% dari penghasilan yang kita terima itu miliknya orang2 yang kurang mampu.
Sumber dana : Penghasilan suami & Istri

3. Tabungan = Well untuk sementara aku masih pakai tabungan dulu, soalnya kalau investasi masih bingung juga jenisnya apa yang sesuai sama tujuan financial kita. Tujuan financial kita dalam jangka waktu 1 tahun kedepan bisa DP rumah, ya semoga aja rezekinya lancar dan dana untuk DP rumah bisa terkumpul dalam waktu 1 thn. Oiya kita juga ga ngimpi bisa DP rumah di daerah elit bintaro atau perumahan2 yg Wahh lainnya, untuk saat ini kita cuma "bisa" berharap punya rumah dipinggiran Jakarta yang harganya juga masih manusiawi untuk dompet kita (Depok or Kp. Rambutan)
Sumber dana : Penghasilan Istri

4. Kebutuhan rumah tangga = setelah seminggu menikah, aku n amar memutuskan untuk tinggal sendiri. Jadi otomatis setiap bulannya ada kewajiban2 yang harus dikeluarkan, seperti bayar listrik dan kebutuhan lain (sabun, pasta gigi, beras dan stock makanan lainnya). Alhamdulillah kami ga perlu bayar uang sewa lagi, karena kami sudah bayar uang sewa setahun dimuka (that's why selama hampir 3 minggu menikah aku n amar benar2 dalam masa paceklik terparah sepanjang sejarah hidup kami *lebay*).
Sumber dana : Penghasilan Suami

5. Uang saku aku n amar = untuk uang saku aku amount nya ga terlalu besar, karena kebetulan banget kantorku dekat dr rumah dan lagi aku sudah terbiasa bawa bekal buat makan siang di kantor (kebiasaan irit dari sebelum nikah untuk ngumpulin biaya pernikahan), jadi kalaupun sekarang aku ngebekal sama sekali ga masalah. Kalau uang saku amar, amount nya jelas lebih besar dari aku, karena dia kan perokok (cihh nyebelin yah) terus dia juga harus bayar parkir di tempat kerjanya, dan lagi amar ga mau tuh bawa bekal, repot katanya. Oiya uang saku ini juga termasuk untuk membeli kebutuhan pulsa masing2, dan lagi2 aku sangat amat irit untuk pulsa..hehe soalnya aku ga pernah beranggapan HP itu barang yang penting, seringnya ketinggalan atau ilang (semasa kuliah aja kuat lhoo aku ga pegang HP :P). Lain sama amar yang ga bisa lepas dr BB nya, blm lagi itu BB tiap bulan musti dikasih makan..capedeee
Sumber dana : Penghasilan Suami

Untuk sementara, kayanya baru pos2 diatas deh yang ada di list pengeluaran kita. Pos dana darurat yang sering banget Mba Ligwina tegasin harus punya (untuk keadaan mendesak)masih blm kami pikirin..hihihi, moga2 aja jangan ada dulu kejadian aneh2.

Asuransi kesehatan juga Alhamdulillah di cover sama kantor suami, jadi ga perlu beli askes dari luar.

Kalau masalah Investasi, jelas aku sangat tertarik. Tapi..again kalau mau invest itu kan harus tau dulu tujuan financial kita apa, nah dalam waktu 1 tahun kedepan kayanya tujuan financial kita cuma beli/DP rumah aja deh. Aku juga lagi cari tau sih, dana untuk itu lebih baik dimasukin ke mana, cukup ditabungan biasa aja tau perlu ikut2 investasi macam reksadana gitu (yang pasar uang of course). Will see lah yah, atau kalau ada yang mau kasih rekomendasi sok boleh dikomen :)

Nanti, (Insya Allah)kalau kami dikasih rezeki (aku hamil), aku baru mau revisi ulang pengaturan keuangan yang udah aku buat. Sudah jelas nanti pasti ada pos2 baru yang berkaitan dengan kehamilan dan baby (persiapan biaya melahirkan dan dana sekolah, DLL).

Well semoga semua perencanaan keuangan yang sudah aku buat bisa terealisasi dengan baik.

NB : Untung beribu untung aku punya suami yang sangat hati2 dalam pengeluaran uang (bisa tau kalau udah baca postingan honeymoon). At least aku yang biasanya cuma pinter bikin budget tapi dalam pelaksanaannya selalu NOL BESAR, bisa terbantu supaya tetap stick on budget karena punya partner yang agak2 Pelit *Upss*

8 comments:

  1. hahahaha...mantap deh buuu....

    gue nyontek yaahh,,hehehehe

    ReplyDelete
  2. iiirrrrr... kereeen. gw nyontek

    ReplyDelete
  3. nemunya juga postingan tentang menteri keungan keluarga :p
    gue juga berfikiran sama, mo posting ttg ini abis nikah nanti :p
    yok ahh bikin planning biar sejahteraaa keluargaa :D

    ReplyDelete
  4. It's amazing in support of me to have a website, which is good in favor of my experience. thanks admin
    Feel free to visit my web blog Work from home

    ReplyDelete
  5. I am really enjoying the theme/design of your web site.
    Do you ever run into any internet browser compatibility problems?

    A few of my blog audience have complained about my site not working correctly in Explorer but looks
    great in Safari. Do you have any ideas to help fix this problem?
    Look into my blog post : free iphone

    ReplyDelete
  6. all the time i used to read smaller articles
    which as well clear their motive, and that is also happening with this post which I am reading at this time.
    Have a look at my homepage - piano lessons

    ReplyDelete
  7. Oh my goodness! Amazing article dude! Thanks,
    However I am going through troubles with your RSS.

    I don't understand why I cannot join it. Is there anybody else getting similar RSS problems? Anyone who knows the solution can you kindly respond? Thanx!!
    Visit my website ; news-asahi.com

    ReplyDelete