Total Pageviews

Tuesday, March 29, 2011

KUA Done!!!

Alhamdulillah..urusan yang paling bikin ketar ketir akhirnya selesai juga...Yeiyyyy akhirnya eike jadi kewong

 Untuk yg juga lagi dalam persiapan pernikahan, berikut aku rinci tahap2, dokumen2 n biaya yang dibutuhkan untuk mengurus surat nikah :

Case : CPP n CPW ada di wilayah yg sama (tidak ada yg numpang nikah) dan dua2 nya masih single (bukan duda atau janda atau poligami)

  1. CPW ke RT dan RW untuk meminta surat pengantar, dokumen yang dibutuhkan fotocopy KTP Orangtua, fotocopy KTP CPW dan fotocopy KK. Tidak dikenakan biaya.
  2. Surat pengatar dr RT dan RW dibawa kekelurahan untuk mendapatkan surat N1, N2 dan N4. Dokumen yang dibutuhkan fotocopy KTP ortu, fotocopy KTP CPW, Fotocopy KK, surat pengantar yang No. 1. Biaya Rp 30 rb (berbeda setiap kelurahan, tp disarankan tdk usah tanya berapa biayanya pada petugas..nti ditembak, jadi langsung kasih aja uangnya begitu surat2 yg diperlukan selesai abis itu langsung caw dengan muka polos  )
  3. CPP minta surat pengantar ke RT n RW setempat. Dokumen yang diperlukan sama dengan tahap No. 1
  4. CPP kekelurahan setempat. Dokumen yg diperlukan sama dengan tahap No. 2
  5. Setelah CPW n CPP mendapat surat N1, N2 dan N3 dari kelurahan masing2. Langkah selanjutnya mendaftar ke KUA. Dokumen yg dibutuhkan N1, N2 dan N4 CWP dan CPP, fotocopy KTP CPP & CPW, fotocopy KTP ortu CPP & CPW, fotocopy KK CPP & CPW, fotocopy buku nikah ortu CPP dan CPW, pasfoto 2x3 sebanyak 5 lembar. Biaya yang dibutuhkan untuk administrasi KUA sekitar Rp 150 ribu (ini blm biaya penghulu).
  6. Setelah itu selesai deh...oiya setelah terdaftar, dr KUA diberikan form namanya BP4..yg isinya pertanyaan2 ajaib, salah satu contoh pertanyaannya "sukakah anda menabung" (ini serius ya pertanyaannya??apa buat guyonan dong sih?? ). Kita juga dikasih nama penghulu dan jadwal untuk suscten.
Well...ga terlalu ribet kan??? Tapi dalam kenyataannya urus2 KUA itu agak2 berbelit2 n menyebalkan.  Kemarin urusan KUA aku minta tolong boelet dan mamanya yang urus..awalnya aku dapat kabar kalau kita ga kebagian penghulu untuk jam 8, dan bisanya jam 9..Sumpah aku stress banget, kl jam 9 mepet banget donggg..mana keburu nanti buat retouch make-up resepsi..apalagi aku nanti pake paes, yang pasti ga bisa sebentar dongg..hiks. waktu jawab telp dari mama boelet nada suaraku kaya orang yg mau nangis kali yah, akhirnya mama boelet bilang mau diusahain lagi supaya tetep bisa dapet penghulu untuk jam 8 .. baiknya mama mertuaku .

Sekitar 2 jam kemudian mama boelet telp aku lagi, kasih kabar kalau ternyata kita masih dapet penghulu buat jam 8 pagi.. Alhamdulillahhhh.. Ternyata, yg awalnya bilang penghulunya udah penuh itu cuma akal2an nya orang KUA aja..huh nyebelin banget kan..biasanya itu buat maksa di calon pengantin atau orangtua supaya mengeluarkan sejumlah uang istilahnya sogokan, supaya bisa dapet penghulu di jam yang kita mau..edan yah. Tapi untungnya mama boelet ada kenal beberapa orang KUA, jadi dikasih tau deh kl masih ada 1 penghulu lagi yg masih availble untuk tanggal dan jam yang kita mau..Alhamdulillhhh

Sebenernya ada lagi sih kejadian yg kurang mengenakan kata boelet. Begitu dikasih tau petugas KUA kenalannya si mama, mama boelet n boelet diminta menemui penghulunya..ehhh itu lagi2 ketemu sama oknum pemerintahan yg bertindak semena2..itu bapak penghulu cuekin boelet n mamanya hampir 1 jam, dia ngobrol n ngopi2..sementara boelet n mamanya disuruh nunggu aja gitu..Grrrrr sewot dengernya. Untungnya sama petugas KUA kenalannya mama boelet kasih tau ke bapak penghulu kalau si ibu (mama nya boelet) guru di sekolah sebelah (mamanya boelet ngajar di sekolah yg letaknya persis di sebelah KUA).. Akhirnya begitu tau kl mama boelet orang wilayah situ (ya rumah ya tempat kerja)..baru deh si bapak penghulu itu ramah dan mulai melayani...Uhhh dasarr nyebelin..

Hmm agak telat juga sih H-3 bulan baru urus KUA, tapi lagi2 bukan karena aku ga anggap urusan ini ga penting, tapi mama ku bilang ngurusnya nanti aja kl udah lamaran, biar lebih pasti aja gitu katanya, sebagai anak yg baik aku nurut dongg, hiks untung masih dapet, kl engga eike ngambek lho mam. Alhamdulillah sekarang urusan KUA selesai, aku mulai agak tenang, soalnya KUA merupakan hal yg paling krusial dalam persiapan pernikahan(menurut aku) sekarang tinggal selesain PR PR yg lain...Semoga selalu diberi kemudahan dan kelancaran smpai hari H nya nanti..Amien

NB. Buat teman2 yg juga lagi mempersiapkan pernikahan, sebaiknya urus KUA minimal 4 bulan sebelumnya..apalagi kalau tanggal nikah nya itu pas di musim kawin..dijamin itu penghulu laris manis..dan siapa cepat dia dapat.

5 comments:

  1. Uwooh, thanks ya udh ngingetin ir.. aku juga dikasih tau temen, mending daftar dr jauh2 hari, ternyata H-3bulan pun masi kurang lama ya. Ampun rese bener ya itu org2 KUA..

    ReplyDelete
  2. iya say..cepet diurus biar tenang :)

    ReplyDelete
  3. Hmmm,,gw nikah 2 bulan lagim tp baru mau ngurus KUA mnggu depan dong. Hahaha..*tapi dah ngehub penghulunya dari berbulan2y yg lalu, ngetek tanggal ma jam:p

    Eh KUA itu hari sbtu buka gak sih? thankiess

    ReplyDelete
  4. itu org kua tega bgt ya,padahal pekerjaannya kan sgt berpahala tu melayani orang2 yg mo nikah hhff....
    (ngelus...ngelus dada)
    smga pas gw ke kua nt g ada masalah,n buku nikahnya bisa jadi on time huhuhuhu.....

    ReplyDelete
  5. KUA sabtu buka gk sih bro?
    yg punya blog gk nanggepin aulia juga. Thanks..

    ReplyDelete