Total Pageviews

Tuesday, March 29, 2011

KUA Done!!!

Alhamdulillah..urusan yang paling bikin ketar ketir akhirnya selesai juga...Yeiyyyy akhirnya eike jadi kewong

 Untuk yg juga lagi dalam persiapan pernikahan, berikut aku rinci tahap2, dokumen2 n biaya yang dibutuhkan untuk mengurus surat nikah :

Case : CPP n CPW ada di wilayah yg sama (tidak ada yg numpang nikah) dan dua2 nya masih single (bukan duda atau janda atau poligami)

  1. CPW ke RT dan RW untuk meminta surat pengantar, dokumen yang dibutuhkan fotocopy KTP Orangtua, fotocopy KTP CPW dan fotocopy KK. Tidak dikenakan biaya.
  2. Surat pengatar dr RT dan RW dibawa kekelurahan untuk mendapatkan surat N1, N2 dan N4. Dokumen yang dibutuhkan fotocopy KTP ortu, fotocopy KTP CPW, Fotocopy KK, surat pengantar yang No. 1. Biaya Rp 30 rb (berbeda setiap kelurahan, tp disarankan tdk usah tanya berapa biayanya pada petugas..nti ditembak, jadi langsung kasih aja uangnya begitu surat2 yg diperlukan selesai abis itu langsung caw dengan muka polos  )
  3. CPP minta surat pengantar ke RT n RW setempat. Dokumen yang diperlukan sama dengan tahap No. 1
  4. CPP kekelurahan setempat. Dokumen yg diperlukan sama dengan tahap No. 2
  5. Setelah CPW n CPP mendapat surat N1, N2 dan N3 dari kelurahan masing2. Langkah selanjutnya mendaftar ke KUA. Dokumen yg dibutuhkan N1, N2 dan N4 CWP dan CPP, fotocopy KTP CPP & CPW, fotocopy KTP ortu CPP & CPW, fotocopy KK CPP & CPW, fotocopy buku nikah ortu CPP dan CPW, pasfoto 2x3 sebanyak 5 lembar. Biaya yang dibutuhkan untuk administrasi KUA sekitar Rp 150 ribu (ini blm biaya penghulu).
  6. Setelah itu selesai deh...oiya setelah terdaftar, dr KUA diberikan form namanya BP4..yg isinya pertanyaan2 ajaib, salah satu contoh pertanyaannya "sukakah anda menabung" (ini serius ya pertanyaannya??apa buat guyonan dong sih?? ). Kita juga dikasih nama penghulu dan jadwal untuk suscten.
Well...ga terlalu ribet kan??? Tapi dalam kenyataannya urus2 KUA itu agak2 berbelit2 n menyebalkan.  Kemarin urusan KUA aku minta tolong boelet dan mamanya yang urus..awalnya aku dapat kabar kalau kita ga kebagian penghulu untuk jam 8, dan bisanya jam 9..Sumpah aku stress banget, kl jam 9 mepet banget donggg..mana keburu nanti buat retouch make-up resepsi..apalagi aku nanti pake paes, yang pasti ga bisa sebentar dongg..hiks. waktu jawab telp dari mama boelet nada suaraku kaya orang yg mau nangis kali yah, akhirnya mama boelet bilang mau diusahain lagi supaya tetep bisa dapet penghulu untuk jam 8 .. baiknya mama mertuaku .

Sekitar 2 jam kemudian mama boelet telp aku lagi, kasih kabar kalau ternyata kita masih dapet penghulu buat jam 8 pagi.. Alhamdulillahhhh.. Ternyata, yg awalnya bilang penghulunya udah penuh itu cuma akal2an nya orang KUA aja..huh nyebelin banget kan..biasanya itu buat maksa di calon pengantin atau orangtua supaya mengeluarkan sejumlah uang istilahnya sogokan, supaya bisa dapet penghulu di jam yang kita mau..edan yah. Tapi untungnya mama boelet ada kenal beberapa orang KUA, jadi dikasih tau deh kl masih ada 1 penghulu lagi yg masih availble untuk tanggal dan jam yang kita mau..Alhamdulillhhh

Sebenernya ada lagi sih kejadian yg kurang mengenakan kata boelet. Begitu dikasih tau petugas KUA kenalannya si mama, mama boelet n boelet diminta menemui penghulunya..ehhh itu lagi2 ketemu sama oknum pemerintahan yg bertindak semena2..itu bapak penghulu cuekin boelet n mamanya hampir 1 jam, dia ngobrol n ngopi2..sementara boelet n mamanya disuruh nunggu aja gitu..Grrrrr sewot dengernya. Untungnya sama petugas KUA kenalannya mama boelet kasih tau ke bapak penghulu kalau si ibu (mama nya boelet) guru di sekolah sebelah (mamanya boelet ngajar di sekolah yg letaknya persis di sebelah KUA).. Akhirnya begitu tau kl mama boelet orang wilayah situ (ya rumah ya tempat kerja)..baru deh si bapak penghulu itu ramah dan mulai melayani...Uhhh dasarr nyebelin..

Hmm agak telat juga sih H-3 bulan baru urus KUA, tapi lagi2 bukan karena aku ga anggap urusan ini ga penting, tapi mama ku bilang ngurusnya nanti aja kl udah lamaran, biar lebih pasti aja gitu katanya, sebagai anak yg baik aku nurut dongg, hiks untung masih dapet, kl engga eike ngambek lho mam. Alhamdulillah sekarang urusan KUA selesai, aku mulai agak tenang, soalnya KUA merupakan hal yg paling krusial dalam persiapan pernikahan(menurut aku) sekarang tinggal selesain PR PR yg lain...Semoga selalu diberi kemudahan dan kelancaran smpai hari H nya nanti..Amien

NB. Buat teman2 yg juga lagi mempersiapkan pernikahan, sebaiknya urus KUA minimal 4 bulan sebelumnya..apalagi kalau tanggal nikah nya itu pas di musim kawin..dijamin itu penghulu laris manis..dan siapa cepat dia dapat.

Thursday, March 24, 2011

Happy Birthday Dear

Hari ini tepat seperempat abad umur calon suamiku tercinta, calon ayah dari anak2ku kelak (Insya Allah) semoga dengan bertambahnya usia, kamu bisa jadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, imam yang bisa menuntun keluarganya ke jalan yang di ridhoi oleh Allah. Amien 

Semoga ulang tahun selanjutnya dan selanjut dan selanjut nya lagi..kita masih bisa terus sama2 ya yang
I just want grow old with you

Picture taken from here

NB  : Maaf ya kl setiap tahun hanya ucapan aja yg bisa ri kasih..semoga kamu bisa ngerti ya yang (apalagi thn ini, saat2 yang sulit untuk dompet rii )

Thursday, March 17, 2011

MAHAR

Well..hari ini chating dengan beberapa temen yang juga lagi ribet gila urus ini itu ttg wedding..bahas segala macam mengenai wedding, salah satu bahasannya yaitu ttg MAHAR..

Begitu memutuskan untuk menikah, hal pertama yang aku searching itu adalah tentang mahar dalam islam..aku cari2 informasi sebanyak2 nya tentang mahar ini..soalnya aku ga mau ya, nanti udah repot2 urus ini itu, keluar uang banyak buat bikin pesta resepsi..tapi syarat nikah yang mendasar malah ga terpenuhi..

Jadi dari hasil buruanku di dunia maya, dan tanya2 sama teman yg pemahaman tentang Islam nya sangat jauhhhh diatas aku. Aku ambil kesimpulan bahwa mahar dalam islam itu :
  1. Harta yang diberikan oleh pihak laki2 (calon suami), kepada wanita (calon istri), dan 100% menjadi hak si istri
  2. Mempunyai nilai nominal.
  3. Tidak memberatkan
  4. Bisa digunakan oleh istri bila suatu saat terjadi apa2 dengan suami.
Jujur aja, kalau untuk pemahaman lebih detil lagi aku masih belum paham, at least aku jadi tau lah hakikat dasar mahar dalam islam.

Sekarang juga banyak yah suami yang kasih mahar berupa alat sholat atau Al Qur'an sama istrinya..hmm kalau menurut salah satu artikel yang kubaca, nilai nominal atau ekonomi dari 2 barang itu kan hampir ga ada yah (bukan berarti Alat sholat n Al-Qur'an itu ga berharga yah, cuma emang nilai ekonomi nya hampir ga ada kan), jadi nantinya rancu sendiri, dan takutnya nanti juga jadi bias kan?? Well aku lier sumpah mau ngejelasin, buat lebih jelasnya, aku kasih link nya aja deh ttg "sebaiknya jangan memberi mahar berupa perlengkapan sholat atau Al Qur'an"

Selain perlengkapan alat sholat dan Al Qur'an yang sering di jadikan mahar dalam pernikahan, uang dalam pecahan kecil juga jadi tren buat dijadikan mahar. Kalau aku pribadi..aku emang ga mau mahar itu berupa uang yang nilai nomimalnya dalam keadaan sehari2 sudah tidak bisa terpakai (contohnya mahar bentuk uang yg ada 1 rupiahnya) . Balik lagi ke pengertian mahar yang aku pahami (inget yah..yg aku pahami)  "mahar itu berupa harta yang diberikan oleh suami kepada istri untuk tujuan memuliakan istri"
Harta yg dimaksud itu kan yang ada nilai nominalnya yah, dan diharapkan bisa dipakai oleh si istri..permasalahannya..kalau hartanya itu berupa uang 1 rupiah yang dalam kenyataannya uang pecahan segitu udah ga laku dipasaran (wong 100 perak aja udah hampir ga kepake kan?? ) apa iya masih bisa disebut harta???

Well..itu hanya opini aku ttg mahar yah, dan lagi2 aku tegasin..pengetahuan ku ttg mahar dalam islam sangat amat cetek..jadi sebisa mungkin diriku nda mau untuk mahar itu bias (takutnya nanti ga sah dimata Allah pernikahannya).. kalau temans sekalian mau ada yang share, mungkin berbagi ilmu atau pendapat..monggo dikomen :)

Berikut salah satu artikel ttg mahar.
Apa saja yang boleh dijadikan mahar?
Mas kawin tidak mesti berupa uang atau harta benda, akan tetapi boleh juga hal-hal lainnya. Untuk
lebih jelasnya, berikut ini hal-hal yang dapat dijadikan mas kawin atau mahar:
1.  Semua benda atau alat tukar (uang) yang dapat dijadikan harga dalam jual beli seperti uang
atau benda-benda lainnya yang biasa diperjualbelikan dengan syarat benda atau uang
tersebut, halal, suci, berkembang, dapat dimanfaatkan dan dapat diserahkan. 
Oleh karena itu, harta hasil curian, tidak dapat dijadikan mas kawin karena ia barang haram
bukan halal. Demikian juga, peternakan babi tidak dapat dijadikan mas kawin karena bendanya
tidak suci. Piutang yang belum jelas kembalinya, juga tidak dapat dijadikan mas kawin lantaran
tidak dapat diserahkan. Point pertama ini didasarkan kepada ayat berikut ini:
ْﻢُﻜِﻟاَﻮْﻣَﺄِﺑ ا ﻮ ُﻐ َﺘ ْﺒ َﺗ ْن َأ ْﻢ ُﻜ ِﻟ َذ َء ا َر َو ﺎَﻣ ْﻢ ُﻜ َﻟ ﱠﻞ ِﺣ ُأ َو ).... ءﺎﺴﻨﻟا  : 24 (  
Artinya: "Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian (yaitu) mencari istri-istri dengan
hartamu…" (QS. An-Nisa: 24).
Kata amwal dalam ayat di atas dipahami oleh para ulama sebagai mas kawin, mahar.
2.  Semua pekerjaan yang dapat diupahkan. 
Menurut Madzhab Syafi'i dan Hanbali, pekerjaan yang dapat diupahkan, boleh juga
dijadikan mahar. Misalnya, mengajari membaca  al-Qur'an, mengajari ilmu agama, bekerja
dipabriknya, menggembalkan ternaknya, membantu membersihkan rumah, ladang atau yang
lainnya. Misalnya, seorang laki-laki berkata: "Saya terima pernikahan saya dengan putri bapak
yang bernama Siti Maimunah dengan mas kawin akan mengajarkan membaca al-Qur'an
kepadanya selama dua tahun, atau dengan mas kawin mengurus ladang dan ternaknya selama dua
bulan". Akan tetapi menurut Abu Hanifah dan Imam Malik, mahar dengan pekerjaan yang dapat
diupahkan hukumnya makruh (dibenci).
Penulis lebih condong untuk mengambil pendapat madzhab Syafi'i yang membolehkan
kerja sebagai mas kawin. Hal ini sebagaimana telah terjadi ketika Nabi Musa menikahi salah
seorang gadis laki-laki tua (dalam satu riwayat dikatakan laki-laki tua itu adalah Nabi Syuaib),
dengan mas kawin bekerja untuk laki-laki tua itu (calon mertuanya) selama delapan tahun
sebagaimana difirmankan oleh Allah swt dalam surat al-Qashash ayat 27:
                          َﺖѧْﻤَﻤْﺗَأ ْن ِﺈ ѧ َﻓ ٍﺞ ѧ َﺠ ِﺣ َﻲ ِﻥ ﺎ ѧ َﻤ َﺛ ﻲِﻥَﺮُﺟْﺄѧَﺗ ْن َأ ﻰ ѧ َﻠ َﻋ ِﻦ ْﻴ َﺗ ﺎ ѧ َه ﱠﻲѧَﺘَﻨْﺑا ىَﺪѧْﺣِإ َﻚ ѧ َﺤ ِﻜ ْﻥ ُأ ْن َأ ُﺪ ѧ ﻳ ِر ُأ ﻲﱢﻥِإ َل ﺎ َﻗ
ْﻨ ِﻋ ْﻦ ِﻤ َﻓ اًﺮْﺸَﻋ َك ِﺪ )  ﺺﺼﻘﻟا  : 27 (  
Artinya: "Berkatalah dia (Syu'aib): "Sesungguhnya aku bermaksud menikahkan kamu dengan
salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun dan
jika kamu cukupkan sepuluh tahun maka itu adalah suatu kebaikan) dari kamu" (QS. Al-Qashash:
27).
Dalil lain bolehnya kerja dijadikan sebagai shadaq, mas kawin adalah hadits berikut ini:
       ﻢﻠﺱو ﻪﻴﻠﻋ ﷲا ﻰﻠﺹ ﷲا لﻮﺱر لﺎﻗ )) : ﺐهذا  , نﺁﺮﻘﻟا ﻦﻣ ﻚﻌﻣ ﺎﻤﺑ ﺎﻬﻜﺘﺤﻜﻥأ ﺪﻘﻓ ] ((  ﻩاور
ىرﺎﺨﺒﻟا
Artinya: "Rasulullah saw bersabda: "Pergilah sesungguhnya saya telah menikahkan kamu
dengannya dengan apa ayat-ayat al-Qur'an yang kamu hapal" (HR. Bukhari).
Sebagian ulama menakwilkan kata  bima ma'aka minal qur'an dengan akan mengajarkan
satu atau beberapa surat dari al-Qur'an.
3.  Membebaskan budak. 
Menurut Imam Syafi'i, Imam Ahmad dan Imam Daud ad-Dhahiry, bahwa membebaskan
budak dapat dijadikan sebagai mas kawin. Maksudnya, apabila seseorang hendak menikahi
seorang wainta yang masih menjadi budak belian, kemudian ia membebaskannya dan menjadikan
pembebasannya itu sebagai mas kawinnya, maka boleh-boleh saja. 
Sedangkan menurut sebagian ulama lain, membebaskan budak tidak boleh dijadikan
sebagai mas kawin. 
Dalil kelompok yang membolehkan adalah dalam sebuah hadits dikatakan bahwa
Rasulullah saw menikahi Shafiyyah dengan maskawin membebaskannya dari budak belian
menjadi seorang yang merdeka dan dalam hadits tersebut tidak ada keterangan bahwa hal itu
khusus untuk Rasulullah saw. Karena tidak ada  keterangan kekhususan itulah, maka ia berarti
berlaku dan diperbolehkan juga untuk seluruh ummatnya termasuk kita. Hadits dimaksud adalah
sebagai berikut:
   ﺲѧﻥأ ﻦﻋ )) :                      ﺎﻬﻗاﺪѧﺹ ﺎѧﻬﻘﺘﻋ ﻞѧﻌﺟو ﺔﻴﻔѧﺹ ﻖѧﺘﻋأ ﻢﻠѧﺱو ﻪѧﻴﻠﻋ ﷲا ﻰﻠѧﺹ ﷲا لﻮѧﺱر نأ  ((
] ﻢﻠﺴﻣو ىرﺎﺨﺒﻟا ﻩاور [  
Artinya: "Dari Anas, bahwasannya Rasulullah saw membebaskan Shafiyyah dan menjadikan
pembebasannya itu sebagai mas kawinnya" (HR. Bukhari Muslim).
Sedangkan bagi yang menolak mengatakan bahwa hadits di atas adalah khusus untuk
Rasulullah saw saja. Artinya, mas kawin dengan membebaskan budak itu hanya diperbolehkan
untuk Rasulullah saw saja dan tidak yang lainnya.
Namun demikian, penulis lebih condong untuk mengambil pendapat yang membolehkan
karena sebagaimana telah dijelaskan di atas, tidak ada keterangan dan dalil lain yang mengatakan
bahwa hal itu khusus untuk Rasulullah saja. Karena tidak ada keterangan yang mengkhususkan
itulah, hukum yang dikandung dalam hadits di atas berlaku umum termasuk juga untuk ummatnya.
4.  Masuk Islam. 
Bolehkah seorang laki-laki masuk Islam lalu masuk Islamnya itu dijadikan sebagai mas
kawin? Para ulama berbeda pendapat. Bagi Jumhur ulama, masuk Islamnya seseorang boleh
dijadikan mas kawin. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut ini:
    لﺎѧﻗ ﺲﻥأ ﻦﻋ )) :          ﻢﻴﻠѧﺱ مأ ﺔѧﺤﻠﻃ ﻮѧﺑأ جوﺰѧﺗ  ,           مﻼѧﺱﻹا ﺎѧﻤﻬﻨﻴﺑ ﺎѧﻣ قاﺪѧﺹ نﺎѧﻜﻓ  ,    مأ ﺖﻤﻠѧﺱأ
       ﺎѧﻬﺒﻄﺨﻓ ﺔѧﺤﻠﻃ ﻰﺑأ ﻞﺒﻗ ﻢﻴﻠﺱ  ,   ﺖѧﻟﺎﻘﻓ  :       ﺖﻤﻠѧﺱأ ﺪѧﻗ ﻰѧﻥإ  ,       ﻚѧﺘﺤﻜﻥ ﺖﻤﻠѧﺱأ نﺈѧﻓ  ,     نﺎѧﻜﻓ ﻢﻠѧﺱﺄﻓ
ﺎﻤﻬﻨﻴﺑ ﺎﻣ قاﺪﺹ ] (( ﻰﺋﺎﺴﻨﻟا ﻪﺟﺮﺥأ [  
Artinya: Anas berkata: "Abu Thalhah menikahi Ummu Sulaim dengan mas kawinnya adalah
masuk Islam (masuk Islamnya Abu Thalhah). Ummu Sulaim masuk Islam sebelum Abu Thalhah.
Kemudian Abu Thalhah meminangnya. Ketika meminangnya, Ummu Sulaim berkata: "Saya sudah
masuk Islam, jika kamu masuk Islam juga, maka saya siap menikah dengan kamu". Abu Thalhah
akhirnya masuk Islam dan masuk Islamnya itu  dijadikan sebagai mas kawin keduanya" (HR.
Nasa'i).
Sedangkan ulama yang mentidakbolehkan masuk Islamnya seseorang dijadikan mas kawin
adalah Ibnu Hazm. Ibnu Hazm memberikan catatan penting untuk hadits di atas dengan
mengatakan:
Pertama, kejadian dalam hadits di atas terjadi beberapa saat sebelum hijrah ke Madinah,
karena Abu Thalhah termasuk sahabat Rasulullah saw dari golongan Anshar yang masuk Islam
paling awal. Dan pada saat itu, belum ada kewajiban mahar bagi wanita yang hendak dinikahi.
Kedua, dalam hadits di atas juga tidak disebutkan bahwa kejadian itu diketahui oleh
Rasulullah saw. Karena tidak diketahui oleh Rasulullah saw, maka posisinya tidak mempunyai
ketetapan hokum, karena Rasulullah saw tidak mengiyakannya juga tidak melarangnya. Karena
tidak ada kepastian hokum itulah, maka ia harus dikembalikan kepada asalnya, bahwa ia tidak bisa dijadikan sebagai mas kawin. 

Sumber http://indonesianschool.org/dialog/Mahar.pdf

Tuesday, March 15, 2011

Foto yang gagal

Dr siang aku udah semangatttt banget mau fotobox buat di buku nikah nanti. Kenapa harus fotobox?? karena biasanya kalau aku foto pas foto di studio hasilnya ga pernah bagus, seringnya malah mirip foto tahanan. Makanya aku ngoyo pingin fotobox, selain kita bisa atur2 gaya sendiri, pencahayaannya juga lebih bagus. Apalagi setelah liat hasil fotobox salah satu temen WK yang buat buku nikah..makin mantab aja deh aku buat fotobox.

Sore pulang kerja, jam set. 6 langsung cabcus ke salon..ngeblow rambut biar rambut aku yg kaya singa paddlepop (megar/ngembang parah) bisa terlihat tipis dan rapih. Selesai ngeblow aku langsung lari pulang..Sholat magrib n langsung cabcus ke Plangi..

Tadinya aku ga mau pakai kemeja, maunya pakai kaos aja, tapi warnanya putih. Tapi sama si boelet disuruh pake kemeja..ya nurut wae lah..terus itu si boelet ngoyo mau pake dasi..asli ga penting banget..mana si mas2 operatornya udah nyalahin mesin fotoboxnya...grrrrr...sebelllll, jadi grabak grubuk banget deh..terus ya pas udah mulai foto aku masuk duluan, ehhh si boelet bukannya nunggu di depan mesinnya..malah masih duduk aja..kan akunya jadi ga konsen fotonya..Uhhhhhhhh makin keselll, terus ya pas boelet foto..bangkunya ketinggian (sebelum aku foto bangkunya aku tinggiin dulu, n pas boelet malah jadi ketinggian n ga sempet buat pendekin lagi). Jadi pas boelet yg lagi foto, dia nunduk gitu.

Dan hasilnya udah bisa ketebak dong ya..Ancur seancur2nya..
Diriku nda konsen, karena si boelet ga stand by didepan mesin, terus itu rambut udah di blow tapi masih aja kaya singa paddle pop, terus lagi itu dasinya boelet sumpah ga penting banget. Oiya..bisa bayangin kan seberapa  jauh perbedaan tinggi badan kita..aku masih setengah badan sedangkan boelet sampe harus nunduk.


Begitu selesai fotobox, boelet ajak makan, tapi akunya udah kadung mutung (ngambek), jadi buru2 jalan keluar aja..Sepanjang jalan pulang akhirnya aku nangis aja deh, abis udah semangat2 dr siang, ehh hasilnya malah kacrut gitu.. Aku nyalahin boelet yg jadi penyebab gagal nya foto itu. Abisnya dia bukannya standby diri deket mesin fotobox nya, malah jauh2 dirinya (dese malu kali yah deket2 gw yg lagi rempong gila) jadinya aku ga konsen pas foto, terus kemeja itu bikin aku keliatan gemuk banget, terus lagi itu dasi udah aku bilang ga usah pake masih aja ngoyo tetep dipake, hasilnya kan jadi kaya pengangguran di film2 hollywood (pengganguran di luar negri pan tetep pake dasi yah..tapi berantakan terus pegang botol minuman deh..nah mirip banget sama penampakan boelet semalam) .. Argggg pokoknya aku sebelll, sepanjang jalan aku nangis aja deh..n boelet nya kebingungan sendiri sukurin . Dia bujuk2 aku buat foto lagi..atau apalah..aku ga mau dengerin abisnya udah kesel banget..

Yahh..sepertinya memang tak ditakdirkan berfotobox ria di buku nikah nanti..Tapi foto studio nya aku maunya juga bareng ahh..biar kembaran background n bajunya...Foto kedua nanti harus berhasil..kalau sampai enggaa...ya aku mau foto terussss sampe dapet hasil yang bagus .. hihihi kan foto dibuku nikah buat selama nya..rempong dikit ga papa dong yah.

Monday, March 14, 2011

Wedding checklist

TEMPAT
[V ] Tempat upacara pernikahan
[ V] Tempat resepsi

DEKORASI
[ V] Dekorasi tempat upacara pernikahan
[ V] Dekorasi pelaminan

MAKANAN
[ V] Catering upacara pernikahan
[ V] Catering resepsi
[ ] Catering di rumah

SALON / MAKE UP & HAIR DO
[ V] Mempelai wanita
[ ] Mempelai pria
[ ] Keluarga mempelai wanita
[ ] Keluarga mempelai pria
[ V] Penerima tamu
[ V] Pagar ayu

[ ] Lain-lain, …

KEBAYA / BUSANA
[ V] Gaun pengantin
[ V] Accessories pengantin wanita
[ V] Jas pengantin pria/Beskap
[ V] Accessories pengantin pria
[ V] Kebaya Ibu (untuk klrg pria & wanita)
[ V] Beskap Ayah (untuk klrg pria & wanita)
[ ] Kebaya Among
[ V] Penerima tamu

[ ] Lain-lain, …


MOBIL PENGANTIN
[ ] Mobil mempelai
[ ] Transportasi klrg wanita
[ ] Transportasi klrg pria
[ ] Perijinan, keamanan & parkir tamu

DOKUMENTASI
[ V] Photo prewedding
[ V] Photo liputan
[ V] Video liputan

KARTU UNDANGAN

[ ] Kartu undangan
[ ] Kartu ucapan terima kasih
[ ] Amplop plastic
[ ] Label stiker nama
[ ] List tamu undangan & print

SOUVENIR
[ ] Souvenir + packaging

ENTERTAIN
[ V] MC upacara pernikahan
[ V] MC resepsi
[ V] Music / Wedding Singer resepsi
[ V] Sound system upacara pernikahan
[ V] Sound system resepsi

PENDUKUNG ACARA
[ ] Galeri foto (prewedding)
[ ] Stand foto + Foto
[ ] Meja display
[ ] Album foto / Bingkai foto

CATATAN SIPIL
[ V] Catatan Sipil

LAIN-LAIN
[ V] Cincin
[ ] Buku tamu
[ ] Alat tulis
[ ] Kotak angpau
[ ] Tempat souvenir

TIM PENDUKUNG
[ V] Koordinator lapangan
[ ] Checker jumlah piring catering
[ V] Pagar ayu / bagus
[ V] Penerima tamu
[ V] Penerima angpau
[ ] Pembawa cincin


Sumber kaskus , diriku cm tinggal copas.

Friday, March 11, 2011

E-Invitation

Hari ini tepat H-4 months until our wedding day..huff masih banyak PR yg belum kesentuh juga, salah satunya masalah Invitation.

Di Wedding cheklist sih seharusnya bulan ini aku sudah harus mengurus masalah undangan, tapiiii berhubung ada sedikit masalah di lamaran kemarin (acara jamu menjamu tamu yg tidak diduga sebelumnya), jadi budget buat undanganpun habis terpakai

Dari pada nda ada progress sama sekali, jadinya iseng2 aku buat E-invitation aja deh. Memang dr awal juga aku mau buat undangan lewat web gitu, selain terkait masalah dana (biar irit, ga perlu pesen undangan banyak2), juga bisa di jadikan kenang2an (ga mungkin kebuang kan..paling2 ilang aja web nya..hihihihi sami mawon podo wae ya)

Aku buatnya lewat ewedding.com yang  gratisan aja. Sebenernya sih pingin buat yg kaya punya mba anggi, tapi kayanya harus bayar lagi deh kl kaya gitu..dan lagi aku kan nda kreatip..jd kayanya e-invitation ku standar aja deh..intinya biar aku ga perlu cetak undangan banyak2 aja sih..

Untuk kontennya masih blm sama sekali, tapi kayanya aku cuma pakai content About Us, Our Wedding, Galery Photo, Guest Book, dan Thank U nya aja..Untuk konten About Us isinya ttg kita berdua, aku tulis tentang boelet n boelet tulis tentang aku..berarti harus minta boelet buat dari sekarang nih. Satu lagi yang lumayan jadi bahan pikiran sih lagu buat sountrack nya, secara aku kan orangnya gagap sama lagu2..tapi maunya sih yang indonesia aja lah.. Oiya untuk fotonya, aku mau foto pake konsep anak sekolah..jadi aku n boelet pake baju SMU gitu..ceritanya menggambarkan perjalanan cinta kami yang dimulai dr jaman kami masih pakai seragam putih abu2. Cuma masalahnya foto yg konsep nya anak sekolahan blm punya nih..huhuh..kontak temennya boelet ahhh, biar bisa fotoin kita gratis :)

Well..mudah2an aja hasilnya ga jelek2 banget, secara yang bikin amatiran yang sangat tidak kreatif.

Tuesday, March 8, 2011

Cerita lamaranku

Alhamdulillah sabtu kemarin satu fase sudah terlewati. Akhirnya aku resmi dilamar oleh boelet. Insya Allah kalau ga ada halangan kita tinggal tunggu satu fase lagi sampai akhirnya resmi jadi Mrs Muhammar Lubis.

Persiapan lamaranku terbilang cukup matang, dari mulai menu, baju aku n amar, tenda, sampai ke hal2 kecil sudah aku n keluarga persiapkan dari jauh2 hari (kebaya yang sudah ready dr 2 bulan sebelum nya, menu makan siang dan hantaran balik untuk keluarga cami, sampai dekorasi meja prasmanan), Alhamdulillah semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Seminggu sebelum lamaran, aku ada urusan keluar kota yang ternyata lumayan menguras tenaga, pikiran n HP (hiks HP gw ilangg) , jadinya untuk persiapan akhir aku percaya sama ortu, saudara dan tetangga2. Aku pulang dr luar kota H-1, n langsung kerja pula..jadi aku ga sama sekali nda urus apa2 lagi..cm konsep awalnya aja yg aku buat.

Pas hari lamarannya, aku bangun agak siang, karena bener2 tepar kehabisan tenaga..Jam 8 aku baru bangun, rumahku udah penuh orang, ya tetangga, ya saudara ya siapapun (entah ya aku sampe kaget campur terharu, banyak banget yg perhatian sama acaraku, padahal kan itu cuma lamaran), aku langsung ke salon buat rias n sanggul..sumpah ya rambut ku tuebeeeelll banget, sampe tante salon (yang juga tetanggaku, ketua panitia acara nikahan ku nanti) kebingungan..soalnya ga cukup cm 2 jam..beghh bener2 mepet deh waktunya, selesai aku rias jam set. 11 kurang , aku konfirmasi ke boelet eh alahhhhhh rombongannya udah mau jalan ajeee gituu..lincah amat yak, pak ustad yang mau baca doa n MC nya blm dateng (MC nya malah masih mandi saudara2)..huhuhu, akhirnya 2 orang itu di jemput paksa sama tanteku :D

Jam set. 11 tepat keluarga boelet udah lengkap dateng..n dari konfirmasi awal yang tdnya cm 20-25 orang, jadi 40 orang lebih dr kel. boelet aja, blm lagi saudara ku yg dari mana2 (purwokerto, bojong, dll) dateng, terus tetangga2, tetangga yang masih jd tetangga ataupun tetangga lama yg udah pindah kemana tau..padahal mama ku nda kasih kabar lho (bukan ga mau undang, cm takut ngerepotin soalnya kan iu cm lamaran)..ampun dehhh rumahku yg bener2 cm seuprit jd sesekkkk banget, untung sebelumnya pasang tenda, jd sebagian besar bisa duduk diluar.

Acara dimulai begitu semua rombongan boelet datang (ada 5 mobil boooo), aku masih blm keluar, masih ngumpet di kamar. Standar lah ya, acara di mulai dengan penyambutan dr kel. wanita, terus hantaran dr kel. boelet diterima, begitu semua tamu udah duduk, br deh wakil keluargaku memulai dengan menanyakan maksud kedatangan keluarga cami. Dan di jawab dengan lugas oleh wakil keluarga cami. Setelah maksudnya disampaikan, br deh aku disuruh keluar buat ditanya langsung. Bener yah, susah banget aku buat bersikap anggun n ayu..wong bawaannya cengar cengir terus..hihihi kel. nya boelet bingung kali liat aku yang cengar cengir sendiri terus :) , selesai acara tanya jawab maksud (sayang ternyata aku ga ditanya langsung, tapi langsung di jawab sama wakil kel. ku, padahal di skenario awal aku nya di tanyain lho..) berikutnya acara tukar cincin, yang masukin cincin ke jari ku mamanya boelet dan begitu juga sebaliknya. Setelah itu acara doa bersama, dan acara terakhir makan siang.
Selesai acara makan foto2 dulu aku n kel. nya boelet, baru deh kel.nya boelet pamit pulang..Dr kel aku kasih hantaran balik. Terus selesai deh acaranya :)

Aku n keluarga sangat puas dengan acara kemarin, dr mulai tamu yang banyakkkkk, makanan yang ga kurang, makanan yang banyak dipuji (laporan dari ade ku, tamu2 ambil makanannya banyak2 n piring sisanya hampir semuanya bersih, ga cuma diacak2, artinya makanannya enak dong, mommy I love U so much *kiss kiss ), dekorasi prasmanan yg sederhana tapi tetap nice hasil karya bapakku tercinta,  tetangga yang ga di minta tapi dengan suka rela bantu2 (dr masak, kirim kue2 n buah, bantu nyambut tamu, dll) , tetangga lama yg sempetin dateng walaupun rumahnya udah di mana tau, saudara hampir semua datang. Aku terharuuuuu...Makasih banyak yah semua
Dan yang bikin kaget, hampir 1 RT itu hantar kue2 or buah kerumahku..Ya ampunn smp pusing lihatny, 2 kamar full mkanan, smp ke tempt tidur nya pun penuh makanan..Alhamdulillah.

Sebenany ada beberapa hal yang aku ngerasanya masih kurang, salah satunya dokumentasi. Aku minta bantuan dr temenku yg bisa fotografi, hmm sejujurnya hasilnya kurang maksimal, tapi itu disebabkan oleh terlalu sempitnya rumahku, sampai si fotografer susah untuk mencari tempat yg pas untuk mengambil gambar.
Jadinya temenku itu cm nyempil dipojokan, n foto sebisa yg dia bisa foto.

Selain dokumentasi yang kurang maksimal, tatarias juga menurutku agak kurang, sanggul yang aku harapkan sangat berbeda dengan kenyataan, ini mungkin faktor dr rambutku yang sangat amat tebal n panjang, jadi cukup merepotkan si perias juga. Untuk riasan wajah, aku juga kurang sreg sama warna lipstick nya, terlalu menor. n pengaruh tdk tidur 3 hari 3 malam, mukaku jadi terlihat sangat kuyu.

Satu hal lagi yg bikin minus yaitu, batiknya boelet ga sma pola nya kya punya ku. Kl bwahan kebayaku kan polanya dibuat vertikal, sedangkan boelet dibuat horizontal. Uhh sebel deh, jahitnya ga di penjahit yg sama sih..jadi terasa kurang serasi deh :(

Sampai dengan hari ini, aku n kel masih ga percaya kl acaranya bisa smpai seramai itu. Smp ada yg negur mamaku, ktanya "kok ngawinin anak ga ngundang2" (ini yg ngomong orang betawi, jd pke bahasa ngawinin deh) , karena memang banyak banget sih tamu nya..

Well begitulah cerita lamaranku kemarin. Mudah mudahan tetap diberikan kelancaran sampai acara inti nanti mien.

n here's a photo show :)
 Terlalu lincah, datang 30 menit lebih awal
kloter pertama dan kedua, masih ada 3 kloter lagi :)
Tegang  ya kamu??
 Lain boelet lain aku, boelet tegang kl aku ketawa terus..sama sekali nda anggun :)

MC yang pintar berpantun 
 Pola/salur batik kita yang ga kompak..Boelet horizontal n aku vertikal..Hiks sebel deh, jd ga kompak seperti yang dibayangkan.