Total Pageviews

Tuesday, January 18, 2011

Seserahan

Kalau menurut adat jawa, ada tradisi yang namanya seserahan. Seserahan ini sebagai simbol tanggung jawab pihak pria dalam mencukupi kebutuhan calon istrinya. Isi n Jumlah nya juga ga baku, semuanya tergantung sama kemampuan masing2 orang, karena ini cm simbol aja. Tapi kl menurut adat jawa, jumlah nya harus ganjil (bisa 7, 9, 13 dst).

Berhubung aku selalu menjunjung tinggi adat dan budaya hohoho , jadi untuk pernikahanku nanti sudah pasti ada dong yang namanya seserahan (malahan ini urutan NO. 1 di wedding checklist ku..yeee namanya juga belanja mana ada cewe yg ga suka :P ).

Aku mulai berburu seserahan jauh sebelum kami berdua mengutarakan niat untuk menikah ke ortu. Aku sih mikirnya, seserahan ini termasuk pos yg dianggap kecil dalam persiapan pernikahan (dibanding gedung, chatering, n dekor), tapi pada kenyataannya berburu seserahan ini cukup menguras kantong juga apalagi kl belinya ga dicicil berasa berat banget kannn??? Kami juga selalu memanfaatkan SALE, pokoknya semua barang seserahan yg sudah dibeli hampir semua SALE 50% hehehe bener lho..

Isi seserahan ku :
1.  Seperangkat  alat sholat : mukena, sajadah, tasbih (ini calon mama mertua ku yg beli)
2.  Perlengkapan kerja : kemeja, celana, tas, sepatu, dompet.
3. Perlengkapan mandi : handuk, sabun, bodylotion, scrub, foot cream, hand cream, conditioner, Shampoo, body spray.
4.  Make-up : Bedak, blush on, lipstick, penjepit bulu mata, eyeliner, mascara, eye shadow, make-up tool.
5. Perlengkapan tidur : Bra, CD, piyama, bedcover. (tadinya mau masukin lingerie, tapi maluuuuuuu...itu buat koleksi pribadi ajalah)
6. Perlengkapan pesta : Bahan brokat, kain songket, sepatu pesta, clutch.
7. Makanan yang manis n lengket (katanya biar hubungan calon pengantin selalu manis n lengket terussss)

Yang aku coret itu udah dibeli, hmmm ternyata masih banyak juga yah yg blm. Yah gampanglah, masih lama ini hantar mengantar nya.

Oiya untuk seserahan ini, umumnya dibawa pada malam midodareni, atau ada juga yang di bawa pada saat lamaran atau akad nikah. Kl aku berhubung ga ada malam midodareni (alasannya baca lagi postinganku yg ini ) jadi dibawa nya pas sebelum akad nikah deh. Rencana awal sih, dibawanya pas lamaran..tapi ternyata calon mama mertua ku bilangnya seserahan itu dibawa pas akad aja..huhuhuhu ga bisa pake barang seserahan secepatnya deh :( , tapi ga papalah jadi kan masih punya banyak waktu buat numpulin seserahan yg belum dibeli.

Untuk hias seserahannya sendiri, sudah banyak jasa buat hias seserahan, salah satunya istje souvvenir , house of seserahan, the box , tapi harganya mahal2 bangettttttttttt....tak sangguplah aku, kl jasa hias yg lebih murah salah satunya di ITC Kuningan, tokonya dipojokan deket Pizza Hut..Untuk jasa nya aja (diluar kotak n pita2) 35 rb/ Box ..Hmm masih mahal juga sih kl dipikir2 *pelit* . Selain yg di ITC itu aku juga nemu lagi di web yg harganya lumayan terjangkau namanya souvenir etnik

Well kayanya seserahanku nanti ga pake dihias macem2 deh, apalai pake jasa2 penghias seserahan..bukan cm masalah dana, masalahnya calon mama mertua ku bilang, nanti ga usah dihias macem2, NORAK. hihihi ya aku mah terserah aja lah..yang penting kan isinya yah..Paling nanti aku beli kotaknya aja di Pasar Mester Jatinegara..Katanya sih murah2 kl beli disana.

Berhubung seserahanku blm lengkap, jadi aku masih setia nunggu2 tulisan SALE bertebaran di mall2. Yeeee Belanja Lagiiiii...

3 comments:

  1. baca ini jadi ga sabar juga nih belanja2 buat seserahan..aheeyyy :p

    ReplyDelete
  2. aku suka sama bahasa tulisannya mbak.. lucu :D

    ReplyDelete